Tuesday, May 17, 2016

Teori Perjalanan Waktu , Dan Relativitas Einstein

Teori Perjalanan Waktu , Dan Relativitas Einstein


Selamat siang kawan , kembali lagi di blog saya yang sederhana ini :D

Hahahah ok siang ini admin akan membahas tentang Time Travel , atau perjalanan waktu .

Kalian pasti bertanya tanya apakah itu mungkin ? mampu menjelajah waktu.

Ok akan admin jabarkan disini sobat.

Apakah kalian tahu tercetusnya ide perjalanan waktu ini darimana ? 

Yaa semua ini berawal dari Teori yang di ungkapkan oleh Albert Einstein.

Teori Relativitas Khusu 
  • Hukum Fisika dapat dinyatakan dalam persamaan yang berbentuk sama dalam kerangka acuan yang bergerak dengan kecepatan tetap satu sama lain
  • Cepat rambat cahaya di dalam ruang hampa ke segala arah adalah sama untuk semua pengamat , tidak tergantung pada gerak sumber cahaya maupun pengamat.
Lalu apa sih maksud dari kedua point tersebut ?


Point Pertama 
Ok Admin akan mengajukan sebuah pertanyaan kepada kalian .

Bagaimana kalian menentukan bahwa sebuah objek bergerak / tidak ? Tentu saja kalian akan menjawab kalian melihat objek tersebut berpindah dari 1 point ke point yang lain bukan ,

Sekarang coba kalian pikirkan jika di dunia ini hanya memiliki 2 objek , tak ada dinding , tak ada lantai , tak ada langit dan objek lainnya , apakah kalian bisa menentukan suatu objek itu bergerak atau diam ? Jawaban nya adalah tidak , karena kalian tidak memiliki pedoman point objek tersebut bergerak.
Kesimpulan dari point pertama adalah , Kita tidak dapat mengetahui objek mana yang bergerak dan objek mana yang diam karena pernyataan tersebut berbeda beda tergantung sudut pandang pengamat , dimana pengamat selalu diam dan alam sekitar bergerak mengelilinginya
Point Kedua
Point kedua menyatakan bahwa hanya ada satu benda bergerak yang bergerak dengan kecepatan yang sama , benda tersebut adalah cahaya Dengan nilai presisi nya 299.792.458 m/s

Contoh 

Coba kalian bayangkan , di antara pesawat anda dan permukaan bumi ada sebuah cermin  yang selalu mengikuti kemanapun anda pergi , jika misal kalian menembakkan cahaya laser tersebut ke cermin , cermin iitu akan memantulkan cahay laser itu kembali , dari sundut pandang anda di pesawat cahaya itu akan terlihat lurus ke bawah , dan kemudian dipantulkan kembali ke atas .

Sedangkan dari sudut pandang orang lain cahaya tersebut tidak terlihat lurus , melainkan berbentuk seperti huruf " V " karena saat pesawat tersebut menembakan cahaya lasernya pesawat tersebut berada di 2 posisi yang berbeda.

Disini lah letak keunikannya , Laser yang memiliki bentuk V memiliki jalur yang lebih panjang di banding laser yang tegak lurus ,

Loh kata admin tadi Cahaya memiliki kecepatan yang konstan , atau tidak mengalami penurunan dan percepatan , kok bisa dari sudut pandang yang berbeda kok laser yang memiliki bentuk V jalurnya lebih panjang ?

Jadi begini , Berarti dari sudut pandang orang lain , cahaya laser tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan sudut pandang anda , dan jika anda dan orang lain sama sama menggunakan jam untuk mengukur kecepatan cahaya tersebut , anda akan mendapatkan waktu yang lebih singkat daripada jam orang lain , artinya jam anda bergerak lebih lambat dari sudut pandang orang lain , tapi dari sudut pandang anda kecepatan jam itu tetap sama , itulah yang disebut dengan Time Dilation / Dilasi Waktu .

Twin Paradox


Apa itu Twin Paradox ?

Contoh

Jika kalian menaiki pesawat , kecepatan pesawat tersebut sama dengan kecepatan cahaya , waktu yang anda rasakan di dalam pesawat akan berjalan lebih lambat , namun kalian tidak akan merasakan hal itu karena seluruh benda termasuk anda juga bergerak semakin melambat sehingga dari persepsi kalian semuanya terlihat normal , Dan unikya lagi karena dari sudut pandang kalian , bumi dan sekitarnya yang bergerak berarti jam dari orang lain lebih lambat di banding jam orang lain .

" Jika kedua waktu pengamat sama - sama melambat , lalu waktu siapakah yang sebenarnya belrjalan lebih lambat " inilah yang disebut dengan Twin Paradox

Oh iya contoh di atas berlaku jika pesawat mencapai kecepatan cahaya , dan tetap konstan , artinya kecepatan nya tidak di perlambat atau di percepat .

Lalu admin apa hubungan Twin Paradox dengan Perjalanan waktu? ,

Hmmb pertanyaan bagus jadi begini akan saya lanjutkan dari sini

Oh iya contoh di atas berlaku jika pesawat mencapai kecepatan cahaya , dan tetap konstan , artinya kecepatan nya tidak di perlambat atau di percepat .namun jika kalian mempercepat pesawatnya akan beda lagi ceritanya , jika kalian yang di pesawat mempercepat kecepatan kalian , kalian akan terlempar kebelakang , dari sudut pandang anda , pesawat tetap diam namun bagi bumi dan sekitarnya mereka bergerak lebih cepat atau semakin cepat , tenaga yang di tembakkan roket pesawat akan mempercepat laju nya berfungsi untuk menyeimbangkan posisi pesawat dari dorongan gravitasi , agar pesawat tetap diam , Medan Gravitasi ini juga menyebabkan waktu di bumi bergerak lebih cepat , lalu apa hubungan nya dengan Twin Paradox ? kalian saat memutar balikkan pesawat untuk kembali ke bumi inilah yang mengakibatkan waktu di bumi lebih cepat , sehingga saat anda tiba di bumi orang lain akan menjadi lebih tua dari anda .

Relativitas Umun

Ahhh ini bakal agak ribet jelasin nya hahaha but okay

Relativitas Umum ini menyangkut apa penyebab terjadinya Gaya Gravitasi , kalian pasti tahu kan siapa pencetus teori Gravitasi , yappp benar Isaac Newton , tapi Isaac Newton ga bisa menjabarkan bagaima terjadinya Gaya Gravitasi , ok jadi ini pandangan Einstein di Relativitas Umum nya
Gaya Gravitasi bukanlah gaya tarik menarik  antar dua objek atau lebih objek yang ber massa , namun Gravitasi adalah akibat dari kelengkungan yang dibentuk oleh massa objek terhadap ruang dan waktu atau disebut juga Ruang-Waktu.

Habis itu muncul di pertanyaan kalian , apa itu Ruang-Waktu , Weiittsss sabar dulu iya iya , bakal admin jelasin sabar ga usah di timpuk admin ganteng emang .

Selama ini kalian mungkin mengenal 3 Dimensi yaitu , maju mundur , kiri kanan , atas bawah ,namunn ternyataa masih ada dimensi ke 4 lohh , iya benar , Dimensi ke 4 adalah Waktu .
Ok analogi nya seperti ini


Bentangan garis di atas adalah ruang dan waktu , Massa dari planet bumi mengakibatkan lengkungan yang merupakan Gravtasi bumi , setiap objek / benda yang berada pada ruang hampa akan selalu bergerak lurus dengan kecepatan tetap sehingga objek yang berada di bawah lengkungan gravitasi akan bergerak mengikuti arah lengkungan.

Oh iya Objek yang berada semakin dekat dengan pusat gravitasi waktu akan berjalan lebih lambat , dan begitu pula sebaliknya , Hihihihi , ini disebut dengan Gravitational Time Dilation.

Teori ini terbukti loh hahaha , dan udah di terapkan kepada satelit GPS sekarang , jadi jangan tinggal di apartemen yang tinggi kalau ga mau cepet tua :p hahahah .

Black Hole

Apa sih Black Hole itu ? Ringkasnya adalah Black Hole adalah sebuah objek yang kecil namun memiliki massa yang sangat besar .

Lalu apa hubungan nya dengan Perjalanan waktu?
Ok saya jelaskan dulu tentang Black Hole , Black Hole diperkirakan terbentuk ketika bintang raksasa mati , dan hancur , terserap oleh gravitasi nya sendiri , ukuran nya akan menjadi semakin kecil hingga menjadi sangat padat dan kecil yang disebut dengan Singularity , Massa dari Black Hole sendiri diperkirakan 10x Massa matahari (sekitar 10^31 Kg), dengan diameter 4,3 x diameter matahari atau sekitar 6 juta kilometer , Black Hole menyerap semua partikel , bahkan cahaya pun diserap , dan partikel yang diserap itu akan hancur ketika sampai di singularity .bahkan Black Hole mampu membengkokan cahaya yang disebut dengan Gravitational Lensing

Hubungan Black Hole dengan Time Travel adalah saat kita berada di perbatasan Black Hole yang diberi nama Event Horizon , waktu akan berhenti karena medan gravitasi yang sangat besar , hayoo coba di ingat dengan Twin Paradox , sama kan hahaha .
Bisa dibilang metode ini alternatif lain untuk time travel , jika membuat pesawat dengan kecepatan cahaya masih mustahil , hahahah , 

Ehhh tapi mustahil juga :/ Black Hole mampu menghancurkan Planet yang dia lewati dengan mudahnya , apalagi kita yang manusia ini Ohhh my Godddd .


( Black Hole )

Ohh iya Black Hole memiliki 2 jenis Singularity, Singularity Diam , dan Singularity Berputar .
Semua materi yang terhisap ke dalam Black Hole akan hancur saat mencapai Singularity Diam , tapi , Jika materi tersebut menuju ke Singularity Berputar , Materi itu akan masuk ke dalam terowongan yang disebut dengan Worm Hole , Materi yang berhasil melewati Worm Hole akan keluar di White Hole 


White Hole & Worm Hole 

Ok lanjut , kita akan bahas White Hole dulu , di atas uda di jelaskan kan bahwa White Hole adalah tempat keluar nya Materi yang terhisap oleh Black Hole , kemudian mencapai singularity Berputar dan kemudian masuk ke Worm Hole akhirnya di keluarkan ke White Hole ,

Tahukah kalian meskipun namanya White Hole tapi tetep aja warnanya hitam loh ahahaha , sebenarnya ini untuk membedakan karakteristif fungsinya aja kok .

Untuk Worm Hole , Worm Hole adalah terowongan yang digunakan untuk menghubungkan Black Hole dengan White hole .

Begini contoh nya 


Ok jadi dengan adanya Worm Hole , ada 2 hal yang mampu dilakukan Manusia .
  • Manusia dapat pergi ke suatu tempat yang jauh dengan waktu singkat .
  • Manusia mampu melakukan perjalanan waktu ke masa depan dan masa lalu .

Nahh bagaimana sobat ? secara teori , perjalan waktu sangat mungkin dilakukan , ada beberapa step untuk melakukan nya .


Perjalanan ke Masa Depan .
  • Menaiki Pesawat yang mampu bergerak pada kecepatan cahaya
  • Menetap di tempat yang medan gravitasinya tinggi misalkan di dekat Black Hole
  • Menggunakan Traversable Worm
Perjalanan ke Masa Lalu
  • Menaiki Pesawat yang mampu bergerak pada kecepatan cahaya
  • Menggunakan Traversable Worm
Tapi itu semua masih hanya sebatas teori sobat , belum ada peralatan yang mendukung untuk melakukan hal itu ,


Lalu prakteknya gimana ? Sayangnya sobat masih ada beberapa hal yang belum bisa dilakukan oleh ilmuwan jaman ini yang memungkinkan untuk realisasi nya

  • Rumus E=MC2 yang sangat terkenal di dunia sains menyatakan bahwa semakin besar energi yang digunakan objek untuk mencapai kecepatan cahaya maka semakin besar pula massa objek tersebut dan sebaliknya juga , untuk saat ini jumlah energi yang dibutuhkan benar benar sangat besar , bahkan mungkin tak terhingga untuk membuat pesawat dengan kecepatan cahaya , dan saat ini belum ada sesuatu yang dapat menghasilkan energi tak terbatas , untuk menerbangkan pesawat berkecepatan cahaya .
  • White Hole dan Worm Hole hanyalah sebatas teori matematis untuk saat ini , belum adanya penemuan nyata , beda dengan black hole yang ditemukan di beberapa galaksi sejak tahun 1995
  • Pembuatan Traversable Worm juga hanya sebatas teori untuk sekarang , Ilmuwan berspekulasi untuk membuat Traversable Worm di butuhkan sebuah materi yang bernama Exotic Matter , yang masih diragukan juga kebenarannya .


Tapi jangan menyerah sobat , suatu saat misteri ini akan terkuak juga :D 

Pesan Admin sih , tetap belajar dan kembangkan Science :D


EmoticonEmoticon