Monday, May 9, 2016

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan



Selamat siang sahabat , kembali lagi di blog saya :)

Ok siang ini admin akan membahas salah satu tempat wisata umum yang berada di daerah Jakarta Selatan , nama tempatnya adalah Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan , tempat ini ga jauh dari tempat admin berada , hanya 15 menit sudah sampai .

Setu Babakan merupakan area danau buatan dengan luas tempatnya sekitar 32 Hektar , air dari danau tersebut berasal dari Sungai Ciliwung , dan biasanya Danau ini digunakan untuk tempat memancing penduduk sekitar , tempat ini juga merupakan tempat wisata air seperti memancing , sepeda air , atau mengelilingi tepian setu .

Setu Babakan merupakan kawasan perkampungan yang ditetapkan Pemerintah Jakarta sebagai tempat pelestarian dan pengembangan budaya Betawi , Setu Babakan merupakan kawasan Hunian yang memiliki nuansa sangat kental dengan budaya betawi , dari mulai pertunjukan kesenian , jajanan , busana , dan rutinitas nya.

Keistimewaan Setu Babakan ini adalah kawasan lingkungannya yang masih di jaga alami , wisatawan yang berkunjung ke area ini akan disuguhi panorama pepohonan yang rindang yang akan menambah suasana sejuk dan tenang ketika kita memasukinya , Wisatawan juga bisa melihat bangungan yang masih khas dengan budaya betawi , yang paling admin sukai ini jajanan nya masih cukup otentik dari Betawi , mulai dari kerak telor , ketupat nyiksa , ketoprak , ketupat sayur , dll.



Wisatawan yang berkunjung ke Setu Babakan juga bisa menikmati pentas seni seperti tari cokek , tari topeng , kasidah , marawis , gambus dll setiap hari sabtu dan minggu .

Para Wisatawan yang berkunjung disini juga dapat berkeliling ke Perkebunan , Pertanian , serta melihat tanaman khas betawi di pelataran rumah penduduk sekitar .



Untuk akses nya lumayan banyak bisa di akses orang , karena admin menggunakan motor , dan jarak Mess Kantor Admin ga terlalu jauh jadi mudah di akses hahaha .

Bagi yang ingin berlibur mencari nuansa alam yang gratis silahkan berkunjung ke Setu Babakan.

Terima kasih sudah membaca artikel ini

Selamat siang.


5 comments

Artikelnya bagus, saya baru tau kampung setu babakan

menambah wawasan gan, thnksss

nice info gan

http://android-alfa.blogspot.com

thanks gan besok ane soalnya mw main ke sini gan

bagus juga ya .. makasih infonya gan


EmoticonEmoticon