Wednesday, January 3, 2018

Sejarah & Makna Lambang Freemason



Freemason sendiri awalnya adalah salah satu gerakan sosial dan filsafat yg melawan dominasi gereja (terutama katolik) di jaman kegelapan eropa dulu.

Gerakan ini sendiri awalnya kumpulan para tukang batu dari Skotlandia, atau lebih tepatnya sih asosiasi pengrajin batu (itu sebabnya nama mereka Mason = tulang batu), mereka ini semacam koperasi para pengrajin batu yg berbagi saran, tips, rahasia teknilk pertukangan batu sekaligus berbagi informasi proyek borongan untuk bikin gedung2 di seantero eropa, pokoknya pada awalnya gak ada yg istimewa dari perkumpulan ini dan mereka pun bukan organisasi rahasia.

Tapi mungkin ada yg bertanya kenapa para tukang batu perlu perkumpulan semacam ini, alasanya karena di jaman itu untuk membikin bangunan megah dan unik di perlukan team yg bisa di percaya, karena ketatnya persaingan para tukang batu dari berbagai wilayah eropa lainnya sehingga sering kali terjadi penjiplakan atau pencurian teknik dan rancangan diantara para tukang batu ini. Ditambah lagi para Mason = tukang batu biasanya mengerjakan bangunan gereja yg saat itu merupakan pekerjaan paling prestesius, dimana di jaman kegelapan eropa para pendeta berlomba2 untuk membangun gereja dengan megah untuk menunjukan sekaya dan seberkuasa apa mereka, jadi biasanya mereka lebih percaya dan nyaman bila bekerja dengan orang2 yg mereka kenal satu kelompok.

Tapi sialnya di jaman kegelapan eropa dulu, pihak gereja juga seperti sekumpulan para koboi mabuk yg kekuasaanya absolute bahkan mengalahkan kekuasaan raja2 eropa karena di jaman itu raja eropa harus mendapatkan restu gereja sebelum bisa bertahta, oleh karena kekuasaan absolute ini para anggota gereja bertindak semau gue dan sangat otoriter menindas semua orang yg tidak sejalan dengan kemauan mereka, disamping itu juga mereka rata2 hidup bergelimang harta disaat rakyat kelaparan karena mereka bisa memungut pajak kepada rakyat semaunya atas nama mandat tuhan.

Bahkan siapapun yang mempertanyakan doktrin dan kewenangan gereja bisa mati di bakar hidup2 karena dianggap Heretic atau Infidel (murtad / kafir) contoh yg paling terkenalnya adalah Galileo Galilee yang dikurung seumur hidup di rumahnya atau seperti Giordano Bruno martir ilmu pengetahuan pertama yg di bakar hidup2 gereja karena berani bilang bumi bulat bukan lempeng, bumi mengelilingi matahari, dan di luar sana ada planet dan bintang - bintang lain selain bumi dan matahari.


Oleh karena ke sewenang wenangan ini lah di eropa jaman kegelapan dan mulai awal era Renaissance banyak lahir gerakan sosial dan pembaharu dan salah satunya adalah Freemason ini , Dimana para pengrajin batu lugu ini yang awalnya cuman tukang biasa, lama kelamaan mereka muak melihat kelakuan kaum agamais dan gereja di jaman itu, sehingga mereka mencetuskan gerakan untuk memperbaiki keadaan ini, dan kebetulan karena tukang batu adalah pekerjaan prestesius yang menangani project project megah jaman itu, maka gerakan Freemason ini memiliki dana yang sangat besar dari hasil pembayaran project - project itu. Dari sinilah di mulainya gerakan sosial Freemason dan menyebar keseluruh penjuru eropa.

Freemason sendiri prinsip dasarnya bukan atheis atau penyembah setan maupun dajjal , Justru mereka memiliki dasar sekulerisme alias memisahkan urusan hukum, politik, negara, dan pendidikan dari pengaruh agama. Karena mereka melihat saat agama menjadi Ideologi politik maka kekuasaanya menjadi absolute karena berpegang pada doktrin diatas mereka cuman ada tuhan, sehingga pihak gereja bisa melakukan apapun yg mereka suka tanpa ada yg berani melarangnya karena mereka mengclaim punya mandat langit (tuhan) dan berlindung di balik ayat2 kitab suci.

Freemason sendiri anggota terdiri dari berbagai kepercayaan dan agama, justru atheisme dulu gak bisa masuk ke organisasi Freemason karena salah satu AD/ART Freemason menyatakan anggota mereka harus orang yang percaya tuhan. Bahkan banyak tokoh kristen, hindu, sampai islam yang jadi anggota freemason di jaman dulu. karena hal ini lah dulu menjelang keruntuhan kekuasaan katolik di eropa atau berakhirnya era kegelapan vatican mengeluarkan fatwa bahwa bila ada orang Katolik yg bergabung dengan freemason maka dia akan di usir dari keimanan katolik , dan fatwa ini sampai hari ini belum di cabut.

Pertarungan panjang antara Freemason dan Katolik ini nantinya semakin runyam disaat seorang penipu bernama Sergei Nilus bikin buku yg berjudul The Protocol of Elder Zion yg sebenarnya ini buku saduran dari novel Biarritz yang terbit tahun 1868 yang ditulis oleh Hermann Goedsche seorang bangsa Jerman.

The Protocol of Elder Zion ini sendiri muncul jaman Tsar Rusia dulu. Hal ini di karena di saat itu kedudukan kaum bangsawan dan penguasa rusia yg menggunakan agama sebagai kendaraan politiknya merasa terancam dengan gerakan sekulirsme Freemason ini (jaman itu rusia masih kerajaan di bawah pimpinan Tsar dengan ideologi kristen orthodox dan bukan sebuah negara komunis) .

Tapi selain masalah politik anti sekulerisme The Protocol of Elder Zion juga di kaitkan dengan awal gerakan Zionis untuk membangkitkan dendam lama kaum Kristen terhadap yahudi dan sentimen sosial dimana di masa itu kaum Yahudi di eropa umumnya hidup makmur ketimbang ras eropa lainnya dan hal ini memunculkan sentimen sosial.

Dan lebih sialnya lagi nanti buku novel The Protocol of Elder Zion ini malah menginspirasi orang gila yg bernama Hitler untuk membantai semua yahudi dan kaum sekuler Freemason karena Hitler dalam mein kamf nya merasa sebagai pedang tuhan untuk menghukum para yahudi yg dulu menghianati dan menolak Yesus. Dan nantinya dari pemikiran Hitler ini lah berkembang ke dalam dunia islam karena di jaman itu Jerman dan Turki otoman punya hubungan yg dekat (karena sejak PD 1 mereka satu aliansi / front AXIS)

Karena merasa dapat ancaman besar dari hitler, rusia, maupun dari otoman ini, nantinya banyak anggota freemason yg kabur ke amerika dan inggris (terutama inggris) karena sejak awal pendirian organisasi ini para pendiri Freemason sendiri dekat dengan kerajaan inggris karena sama2 di musuhi Katolik dan Ortohodox (inggris mayoritas adalah anglikan yg merupakan cabang lain dari protestan dan tidak mengakui tahta suci vatican) di amerika sendiri freemason bisa berkembang karena amerika memang sejak awal didirikanya sudah menganut sekulerisme, dan karena banyak Founding father Amerika yg memang anggota ordo pencerahan jaman renesaince seperti Freemason maupun Iluminati.

Mungkin ada pertanyaan ritus freemason kenapa mirip penyembah setan, sebenarnya mereka gak menyembah setan, ritual mereka adalah eitual esoteric (kebatinan) yg menggambarkan dan menyimbolkan sejarah peradaban manusia. Hal ini umum saja seperti di berbagai kaum Esoteric lainnya yg ritualnya selalu penuh simbol seperti kaum bushido jepang yg sangat menghargai alam dan pedang katana nya sebagai simbol integritas, atau seperti china yg merayakan tahun baru imlek dengan berbagai pernak pernih merah dan petasan sebagai simbol keberuntungan tahun yg akan datang, atau seperti masyarakat jawa dan nusantara yg masih menggunakan tradisi melarung sesajen, tumpeng, atau banten yg dianggap sebagai simbol sukur kepada sang pencipta dan alam. Ini semua adalah budaya esoteric yg kaya simbol - simbol luhur, bukan berarti sesat.

Sama seperti simbol2 esoteric (kebatinan) yg mereka pakai itu sebenarnya menggambarkan banyak hal tertutama tentang manusia dan sejarah peradaban. contohnya seperti jangka dan penggaris yg merupakan simbol matematika dan sains, sedangkan huruf G dalam freemason itu artinya Geometri atau bisa juga God (tuhan) bila simbolnya memakai mata satu. Hal ini ada kaitanya dengan era Renesaince dulu di mana banyak filsuf era itu menganggap tanda keberadaan tuhan adalah dalam matematika seperti bilangan Phi, pi yg tidak bisa di rumuskan dan tidak berakhir atau seperti golden ratio yg dianggap keteraturan alam bikinan tuhan. Simbol mata satu (all seing eyes) dalam Freemason gak ada kaitanya sama sekali dengan Dajjal karena freemason gak kenal dajjal mereka gerakan yg berasal dari eropa bukan dari timur tengah dan mata satu sendiri adalah simbol kuno untuk pencerahan, kebaikan, tuhan yg maha melihat yg ada dalam berbagai budaya lampau.

Freemason sendiri karena paham esoteric dan filsafat sekulerisme mereka umumnya melakukan gerakan sosial bukan politik, walaupun mereka punya kekuatan politik yg di punyai anggotanya tapi mereka tidak menggunakan kekuatan itu kecuali mereka terdesak, hal ini di karenakan menurut pandangan mereka sekulerisme harus berasal dari kesadaran masyarakat sendiri bukan suatu paksaan atau atauran yg di bikin penguasa, karena klo sekulerisme di paksakan dengan kekuatan politik maka itu sama saja seperti kaum teokrasi diaman kaum agamais memaksakan agamanya dengan kekuatan politik, padahal hal semacam ini lah yg pendiri mereka lawan dulu.


Disamping itu juga Freemason keanggotaanya juga unik mereka tidak pernah merekut orang dan walaupun ada orang yg mau bergabung umumnya yg di terima cuman kalangan berpendidikan atau kaum intelek , Hal ini untuk menjaga organisasi ini supaya tidak jadi ormas liar dan bisa melawan pengaruh dari penguasa yg sejak dulu mau menghancurkan mereka karena ideologi sekuler mereka mengancam kekuasaan tokoh yg memakai agama sebagai komuditas politiknya. Dan umumnya memang anggota freemason adalah orang2 berpengaruh seperti seniman, bangsawan, ilmuwan, raja, para pendiri negara, diplomat, dll bahkan ada tokoh agama besar yg juga jadi anggota freemason seperti Syeh Muhammad Abduh yg dianggap Mujaddid (pembaharu) islam modern yg juga merupakan guru tidak langsung dari Kiai Ahmad Dahlan (pendiri muhammadiyah) dan Kiai Hasyim Asyhari (pendiri NU) saat masih belajar di arab dan mesir dulu.

Jadi bukan suatu yg mengherankan klo sebagian tokoh republik ini seperti Paku alam dan Raden Saleh juga merupakan anggota Freemason, sama saja seperti founding father amerika yg banyak anggota masonya juga. Bahkan dulu Sukarno sering diskusi dengan anggota Mason indonesia tapi nantinya Sukarno justru membaned freemason karena dianggap merupakan ancaman politik karena banyak tokoh mereka di indonesia terlalu vocal mengkritik bung Karno. Banned kepada mereka baru di cabut saat Gusdur berkuasa karena Gusdur tahu persis gerakan ini dulu pernah dekat dengan kakek dan ayahnya dan mereka memang bukan gerakan zionis atau dajjal tapi cuman gerakan sosial abad pencerahan.


Sebenarnya Freemason sudah sangat banyak mengeluarkan bantahan terkait tuduhan aneh kepada mereka, di samping juga ada sangat banyak studi indipenden dari berbagai ilmuwan di luar mason yg mempelajari sejarah mereka dan memang tidak ada hal yang aneh dengan mereka apalagi mau menguasai dunia atau bersekutu dengan lucifer maupun dajjal. satu - satunya yg aneh dari freemason adalah ritual esoteric mereka yang memang susah di pahami oleh orang awam yg tidak mengerti simbol esoteric mason.

Di bawah ini adalah sumber tentang freemason dari sumber freemason dan penelitian dan sejarah seputar organisasi mereka yang tidak akan di temui di tulisan paranoid orang - orang di idonesia yg umumnya hanya membaca bukunya harun yahya, muhamad isa daud, maupun apologeticnya katolik.

http://freemasonry.bcy.ca/anti-masonry/index.html
http://freemasonry.bcy.ca/biography/nilus_s/nilus_s.html
http://www.friends-partners.org/partners/beyond-the-pale/english/29.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Freemasonry
http://www.phoenixmasonry.org/history_of_co-freemasonry.htm
https://en.wikipedia.org/wiki/Eye_of_Providence
http://consciousreporter.com/spirituality/corruption-sacred-symbols-all-seeing-eye/
http://www.freemasons-freemasonry.com/prescott03.html
https://www.ushmm.org/wlc/es/article.php?ModuleId=10007058
http://www.freemasons-freemasonry.com/layiktez1.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Muhammad_Abduh
https://www.brad.ac.uk/webofhiram/
http://masonicinfo.com/
http://www.oztorah.com/category/freemasonry/
https://en.wikipedia.org/wiki/Hermann_Goedsche


EmoticonEmoticon