Wednesday, December 27, 2017

Legenda Flying Dutchman Dan Foto Penampakannya

Source Image: Ancients Origins
Bagi kalian pengarung lautan , pasti sudah tidak asing dengan salah satu legenda lautan paling terkenal sepanjanga masa , Legenda tersebut adalah Flying Dutchman , Flying Dutchman adalah sebuah kapal hantu yang tidak akan pernah bisa berlabuh dan tetap harus mengarungi 7 Lautan hingga kiamat datang.

Asal Cerita Flying Dutchman

Source Image: Occulpedia
Menurut cerita rakyat terdahulu Flying Dutchman adalah sebuah kapal hantu yang tidak akan bisa berlabuh dimanapun dan juga akan selalu mengarungi ketujuh lautan hingga kiamat mendatang , kemunculan Flying Dutchman sendiri selalui ditandai dengan adanya sorotan cahaya yang redup kemudian akan terlihat kapal yang muncul dari dalam kabut dengan disinari cahaya rembulan , kemudian ada juga versi lain dari asal usul Flying Dutchman ini yaitu sebenarnya berasala dari Belanda dikarenakan nama sebutannya adalah Dutchman " Manusia Belanda ".

Namun ada cerita lain yang juga mengatakan bahwa Sebenarnya Flying Dutchman adalah sebuah sandiwara yang berasal dari wilayah Inggris yang berjudul ( The Flying Dutchman " 1826 " ) yang diciptakan oleh Edward Fitzball , atau juga berasal dari Novel karya Frederick Marryat yang berjudul ( The Phantom Ship " 1837 " ) yang kemudian baru diadaptasi kepada cerita belanda yang berjudul ( Het Vliegend Schip ) atau bisa disebut juga dengan The Flying Ship oleh Pastur A.H.C Romer , ada pula versi lainnya yaitu versi opera yang dipopulerkan oleh Richard Wargner ( 1841 ) kemudian di populerkan lagi oleh Washington Irvin pada 1855 dengan judul ( The Flying Dutchman On Tappan Sea ).

Kapten Van Der Decken

Source Image Illustration : Efteling UK
Jika kalian sering melihat kartun Spongebob atau Anime One Piece pada Arc Fishman Island kalian pasti sudah tidak asing dengan nama Kapten Van Der Decken , ya Van Der Decken adalah nama kapten dari kapal terkutuk ini " Flying Dutchman ".

Beberapa sumber terpecaya menyebutkan bahwa pada abad ke 17 , seorang kapten bernama Van Der Decken / Bernard Fokke , atau versi lainnya menyebut nya Ramhout Van Dam , sedang mengarungi lautan , Van Der Decken melakukan pelayaran dari Belanda ke pulau Jawa dengan kecepatan yang sangat tidak lazim pada masanya , dikarenakan kecepatan kapalnya bahkan lebih cepat dari pada kapal era modern seperti sekarang , dari laporan tersebut , diketahu sepertinya Van Der Decken meminta bantuan kepada Iblis untuk membuat kapalnya melaju sangat cepat.

Namun ditengah pelayaran terjadi hal yang tidak bisa diduga , dari lautan yang awalnya tenang kemudian berubah menjadi penuh badai dan sangat sulit untuk dilalui kapal pada masa tersebut , perjalanan Van Der Decken menuju Tanjung Harapan pun terhenti sementara.

Para awak kapal Flying Dutchman meminta Kapten untuk menghentinkan perjalanan sementara , namun dengan keras kepalanya Van Der Decken ingin melanjutkan perjalannya di tengah badai , awak kapal pun tidak bisa berkata apa apa , dan kemudian melanjutkan perjalanan mereka , dengan cuaca badai yang semakin parah , membuat para awak kapal merasa sangat ketakutan , namun dengan sombongnya Van Der Decken melawan alam , Van Der Decken pun bersumpah berikut adalah isi sumpahnya " Aku Bersumpah Tidak Akan Munduk Dan Terus Akan Menerjang Badai Untuk Mencapai Kota Tujuanku , Atau Akau Dan Seluruh Awak Kapalku Akan Terkutuk Selama Lamanya ".

Namun kemudian kejadian tidak terduga datang lagi , badai kemudian menghantam kapal Flying Dutchman dan kemudian luluh lantah , dan akhirnya sumpah itu pun terpenuhi , sampai saat ini Flying Dutchman beserta seluruh awak kapalnya menjadi terkutuk untuk melayari seluruh 7 lautan hingga kiamat datang.

Wabah Penyakit Berbahaya

Dari laporan lain mengatakan bahwa Kapal Flying Dutchman tidak boleh berlabuh , dikarenakan adanya wabah berbahaya yang menyerang yang berasal dari wilayah Van Der Decken dan seluruh awaknya terkena wabah tersebut sehingga mereka tidak di ijinkan untuk berlabuh dimanapun mereka berada.

Mitos Flying Dutchman

Selain dari sisi mistisnya ternyata ada juga cerita yang mengenai tentang mitos kapal ini , Mitos ini didapatkan dari salah satu catatan pelayaran terkenal yaitu Christoper Colombus , dalam catatan ini Christoper Colombus mengatakan bahwa salah satu awak kapal mereka melihat kapal raksasa yang terkatung katung di tengah lautan dengan layar yang mengembang , namun sesaat setelah kejadian tersebut awak kapal Christoper Colombus pun meninggal dunia, lalu ada mitos lagi yang mengatakan pada era modern seperti ini , jika kita melihat kapal hantu ini di lautan dan ketika kapal baru tersebut memberikan signal kepada kapal Flying Dutchman maka , kapal tersebut akan mengalami musibah seperti misalnya hilang ditelan ombak atau lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut setiap kapal diminta untuk menggantung tapal besi kuda pada tiang layar kapal , katanya dilakukan untuk menolak bala dari Kapal Hantu Flying Dutchman ini.

Penampakan Flying Dutchmen


Berikut adalah laporan dari tahun ke tahun tentang penampakan kapal Hantu Flying Dutchman ini:

1823 : Pada tahun ini seorang Kapten OWEB melaporkan bahwa dia telah 2x melihat kapal hantu Flying Dutchman ini berada di lautan , penampakan tersebut hanya sementara dan kemudian langsung menghilang di tengah kabut.

1835: Dilaporkan dari Kapal berbendera Inggris yang tengah dikepung oleh badai samudera kemudian didatangi oleh sebuah kapal asing yang disebut sebut sebagai Kapal Hantu Flying Dutchman , Kapal Hantu tersebut dilaporkan semakin mendekat dengan kapal berbendera Inggris tersebut dan seakan akan ingin menabraknya , namun saat hampir terjadi tabrakan , Kapal Hantu tersebut kemudian menghilang begitu saja tanpa bekas.

1879: Awak Kapal SS Pretoria mengaku juga melihat kapal hantu ini.

1881: Dilaporkan dari 3 awak kapal HMS Bacchante yang juga termasuk didalamnya ada King George V melihat kapal yang tak memilik awak kapal berlayar menantang arus kapal HMS ini , dan paginya salah satu awak kapal mereka ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

1939: Kapal Flying Dutchman ini terlihat di wilayah Mulkzenberg dan sejumlah saksi mata melihatnya sangat terkejut dikarenakan tibat tiba saja kapal ini menghilang begitu saja.

1941: Pada tahun ini di pantai Glencairn tepatnya , mereka melihat sebuah kapal yang cukup tua dan juga usang , kemudian kapal tersebut menabrak karang dan kemudian pecah berkeping keping , namun setelah dilakkan penyelidikan di TKP , tidak ditemukan bekas dari pecahan kapal tersebut.

1942: Kejadian ini terjadi di Perairan Table Bay , dikisahkan ada 4 saksi mata yang melihat sebuah kapal kosong memasuki perairan mereka , namun kemudian kapal tersebut tiba tiba saja menghilang , dan salah satu dari saksi tersebut mendokumentasikan kejadian ini pada buku catatan mereka.

1942: Pada tahun yang sama kapal ini juga terlihat berada diwilayah Cape Town tepatnya pada bulan Agustus.

1959: Dilaporkan oleh Awak Kapal Straat Magelhaen kembali melaporkan bahwa mereka melihat sebuah kapal misterius yang terombang ambing ditengah lautan.


EmoticonEmoticon