Tuesday, July 26, 2016

Legenda Leviathan Dan Fakta Sejarahnya



Source Image : Wikipedia

Onyx News 

Apa itu Leviathan : Leviathan adalah Monster Laut paling ganas dan paling merusak di muka bumi yang diciptakan oleh Tuhan , bahkan saking mengerikannya monster tersebut hinggal Allah Yahudi harus menghancurkan sang betina agar Leviathan tidak berkembang biak di muka Bumi.

Leviathan dikatakan sebagai Hewan raksasa di muka bumi , leviathan termasuk jenis ular naga laut ( Sea Serpent ) dan dilam al kitab Leviathan merupakan sesutu yang dianggap jahat , kulita Leviathan dikatakan sangat keras yang bahkan mampu menghancurkan semua senjata yang ada di muka bumi , Leviathan memiliki mata yang bercahaya yang digunakan untuk mengelilingi samudra dalam yang sangat gelap.

Legenda Yahudi kuno mengatakan makanan dari ular naga laut Leviathan adalah 1 ekor paus setiap harinya , ukurannya yang sangat besar membuat dia mampu memakan paus besar , didalam kegelapan laut dalam matanya menyala dengan terang , ketika jaman dulu pada malam hari banyak kapal yang dihancurkan oleh Leviathan.


Dalam legenda Kristen, Leviathan sering dikaitkan dengan Iblis atau Setan sedangkan pada perjanjian lama Leviathan hanya dipersepsikan sebagai mahluk natural yang tidak ada hubungannya dengan Iblis ataupun Setan.

Latar Belakang Sejarah Leviathan dan Pandangannya sekarang

Meskipun sering dikaitkan dengan Naga , tapi beberapa pandangan sejarah telah berubah untuk Leviathan , Di jaman dulu bahkan ada yang menyebut Leviathan adalah Ular Naga Laut yang sangat besar bahkan memiliki kepala banyak , namun dijaman modern seperti sekarang Pandangan itu di ubah , banyak ahli yang merujuk bahwa Leviathan adalah sebenernya Buaya mahluk hidup yang banyak berada di sungai nil , tapi dari sisi lain juga Ayub menggambarkan bahwa Leviathan itu adalah mahluk yang memiliki nafas api yang karakteristiknya sama dengan Naga jaman dulu.

Mythologi Leviathan sendiri sepertinya berhubungan dengan kepercayaan Kanaan dan juga Mitos Ugarit.

Dikisahkan bahwa mahluk yang disebut Lotan berdiam di air dan memiliki kepala tujuh , dalam Mitologi Ugarit sendiri Baal Hada menyerang Lotan dan berkelahi dengannya , Lotan pun berhasil dibunh oleh Baal Hadad , Mitologi Ugarit menyebutkan bahwa Lotan mampu menghancurkan apapun , Lotan mampu memanggil banjir dan gelombang pasang tsunami.

Umat Kristen sendiri merujuk pada Al Kitabnya bahwa Leviathan adalah kebalikan dari penciptaan dan Leviathan memiliki sifar yang merusak serta mengacau , Thomas Aquinas bahkan menghubungkan Leviathan dengan salah satu dosa besar yaitu Iri , dan menyebutnya setan.

Di Neraka , Leviathan dipercayai menghakimi orang orang yang penuh dosa besar atau orang yang mati tanpa pengakuan.

Dari sudut pandang alam , Leviathan disamakan dengan buaya karena kecocokan pentunjuk yang terdapat pada Al Kitab , buaya juga merupakan mahluk ganas yang dapat menghancurkan.

Dalam sesi doa Yahudi yang diucapkan selama perayaan Sukkot atau festival of booths Yahudi menyebutkan tentang Leviatan ini adalah doa nya " Yang Sukkah dari kulit Leviathan "

Sukkah adalah struktur sementara atau lebih tepatnya tenda , tempat orang Yahudi tinggal saat merayakan Sukkot, Sukkah haruslah terbuat dari bahan alami seperti buaya yang telah digunakan pada masa itu , Dalam Bahasa Ibrani Baru , Leviathan bisa diterjemahkan sebagai Paus sehingga membuka kemungkinan bahwa Leviathan adalah mamalia laut yang besar untuk mewakili mahluk ini.

Paus = Leviathan ? ? ? ? 


Pada buku novel Moby Dick , Leviathan digambarkan sebagai Paus besar , dan beberapa Mitologi dunia lainnya seperti Jepang Dan Canaanite menyebutkan bahwa Leviathan dikenal sebagai dewa lautan , dari beberapa sumber lain juga mengatakan bahwa Leviathan adalah Ular Naga Laut Berkepala Tujuh.


Hewan Purba Yang Mirip Dengan Leviathan

Kronosaurus adalah salah satu dari Pliosaurus dan Kronosaurus hidup 110 Juta tahun yang lalu pada awal era Cretaceous , Kronosaurus dihubungkan dengan Leviathan karena ukurannya yang cukup besar mencapai 13 M , dan Kronosaurus merupakan salah satu predator laut yang mampu memakan hewan besar lainnya di laut dalam , dan Kronosaurus juga memiliki ciri ciri spesifik seperti pada buaya dan juga mampu memakan paus purba.

Rujukan Kitab Untuk Leviathan

Mazmur 74 : 13 - 14

13 : Engkaulah yang membelah laut dengan kekuatanmu , yang memecah kepala ular naga di atas muka air

14 : Engkaulah yang meremukkan kepala kepala Lewiatan , yang memberikannya menjadi makanan penghuni penghuni padang belantara

Mazmur 104 : 26

26 : Disitu kapal kapal berlayar dan Lewiatan yang telah kau bentuk untuk bermain dengannya

Ayub 3 : 8

8 : Biarlah ia disumpahi oleh para pengutuk hari , oleh mereka yang pandai membangkitkan marah Lewiatan

Yesaya 27 : 1

1 : Pada waktu itu Tuhan akan melaksanakan hukuman dengan pedangnya yang keras , besar dan kuat atas Lewiatan , ular yang meluncur , atas  Lewiatan , ular yang melingkar , dan ia akan membunuh ular naga yang dilaut

1 comments

I think your article is very useful for many people who use social media
sanadomino


EmoticonEmoticon